Pages

Senin, 05 November 2012

Minisport 150 cc Bisa Jadi Penjenjangan ke Ajang Balap Dunia!

Setelah berlaga di balap motor jenis bebek dan mengikuti ketatnya kompetisi nasional, tentu balap dengan motor jenis sport tujuan berikutnya bagi seorang pembalap motor. Dengan skill balap motor bebek saja, enggak bisa langsung kompetitif dengan motor jenis sport.

Di musim balap era pertengahan 1990, balap motor sport kelas 150 cc peminatnya cukup banyak. Pada masa kejayaannya itu, masih menggunakan mesin 2-tak.

“Untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi lagi di balap motor jenis sport, maka mesti dimulai dari motor yang sejenis. Bisa dibilang pada masa-masa itu, model penjenjangan balap nasional sudah benar,” kata Dicky ‘Jambret’ Setiawan, mantan pembalap motor nasional pada era tersebut.

Namun sayangnya ada satu kejadian fatal, yang pada akhirnya menutup diadakannya kelas motor jenis sport 150 cc. Padahal menurut Dicky, saat itu soal safety sudah memenuhi standar.

Buntut dari kejadian tersebut yang kemudian membuat balap bebek jadi primadona sampai saat ini. Disamping memang kegiatan promosi dari Agen Pemegang Merek motor lebih tinggi, dari pada urusan mau ke mana balapan di Tanah Air.

Enggak bisa dimungkiri memang, perkembangan balap bebek nasional berimbas ke tingkat Asia. Gelar juara balap underbone 115 cc, selalu dalam genggaman pembalap nasional.

Selain di level Asia, enggak ada yang menyelenggarakan balapan kelas underbone 115 cc. Mentok hanya berprestasi di balap bebek, pada akhirnya yang bisa dihasilkan oleh pembalap Tanah Air.

“Sudah sepantasnya dimulai lagi penjenjangan ke arah balap motor jenis sport. Mungkin bisa dengan kapasitas mesin yang lebih kecil terlebih dahulu,” ujar Ahmad Jayadi mantan pembalap nasional yang owner tim Honda Daya Denso Castrol Showa NHK Jayadi.

Lebih lanjut Jayadi bilang, sedini mungkin pembalap bebek bisa menguasai motor jenis sport, maka jenjang ke depannya di balapan tersebut terbuka lebar. Hal tersebut juga diamini oleh Dicky, skill balap bebek dipastikan butuh waktu buat bisa naik motor jenis sport.

Untuk era sekarang yang sudah masuk era mesin 4 tak, kelas Minisport 150cc bisa dijadikan langkah penjenjangan balap nasional. Tentu tetap dibutuhkan peran serta aktif dari regulator balap nasional dan semua yang terlibat dalam urusan balap motor. (Awher.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar